Visi, Misi, dan Nilai


VISI

“ Terwujudnya MWA UI Unsur Mahasiswa yang evaluatif dan kontributif dalam proses penentuan kebijakan Universitas Indonesia “

Terdapat dua poin penting yang tertuang dalam tersebut, yaitu:
(1) EVALUATIF adalah poin yang komprehensif dalam melingkupi peran MWA dan mahasiswa
– MWA sebagai regulator sudah seharusnya bertindak mengevaluasi segala kebijakan Rektor selaku pemegang kekuasaan eksekutif di UI dalam bidang non-akademik.
– Mahasiswa merupakan elemen terbesar dalam proses pendidikan di suatu universitas dan sudah seharusnya menjadi mitra kritis dalam melakukan gerakan untuk membantu Kampus UI

(2) KONTRIBUTIF adalah hal yang sangat penting untuk mengiringi proses pengevaluasian suatu kebijakan dengan cara melakukan kontribusi bermakna yang diiringi dengan semangat perbaikan.

MWA UI UM meyakini bahwa para pemangku kebijakan di UI perlu diingatkan kembali akan potensi yang dimiliki oleh kampus ini.  Kontribusi yang diberikan tersebut harus mengikuti berdasarkan evaluasi dari era sebelumnya Selain itu, Peran MWA UI UM dapat membuktikan bahwa disini kita sebagai mahasiswa memang hadir untuk memberikan sumbangsih pemikiran demi pendidikan UI dan Indonesia yang lebih baik.


MISI

Menjadikan MWA UI UM sebagai alat advokasi kebijakan UI yang efektif

 “Alat advokasi” mengarah pada interaksi langsung dan tanpa sekat antara alat dan penggunanya, selayaknya pada peran MWA UI UM untuk bergerak dan berjalan tanpa sekat dan batasan dengan mahasiswa lainnya, sehingga dapat terasa efeknya secara langsung oleh mahasiswa.

Membangun koordinasi secara menyeluruh kepada Lembaga Kemahasiswaan dan Mahasiswa UI secara umum dalam evaluasi kebijakan UI

Advokasi efektif yang dilakukan MWA UI UM tidak akan bisa tercapai apabila tidak dilakukan koordinasi menyeluruh kepada seluruh elemen kemahasiswaan yang ada di UI. MWA UI UM wajib menjemput pendapat dan saran dari elemen lain, mulai dari lembaga kemahasiswaan di UI hingga organ eksternal di Universitas. Karena kedua pihak sudah jelas tidak bisa menjalankan advokasi sendirian. Gerakan yang dibangun di UI sudah wajib inklusif demi menjamin kebersamaan yang hakiki.

Melakukan transparansi kinerja MWA UI UM sebagai bentuk akuntabilitas

Transparansi kinerja merupakan elemen mutlak asas-asas umum pemerintahan yang baik. Kedekatan terhadap konstituen harus selalu dijamin demi keberlangsungan cita-cita advokasi yang efektif. MWA UI UM dalam hal ini harus berani mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan dalam Forum MWA. Dalam konsep ini, MWA UI UM pun wajib menjemput evaluasi langsung dari seluruh elemen kemahasiswaan yang ada di UI.

Bergerak aktif dan kreatif dalam penyampaian informasi dan penjaringan aspirasi

Pembangunan gerakan penyapaian dan asupan informasi tentang keijakan UI selayaknya harus menjadi sebuah gerakan yang aktif dan kreatif kepada Mahasiswa UI. MWA UI UM pantang bersikap pasif demi pemenuhan tujuan advokasi yang hakiki dari seluruh mahasiswa UI. Penyajian substansi isu dalam bentuk infografis akan diutamakan dalam setiap publikasi MWA UI UM.


Nilai

Integritas

Dalam menjalankan setiap tanggung jawab dan amanah, kadar integritas adalah hal yang utama wajib dimiliki si pengemban amanah. Integritas dapat diartikan sebagai keselarasan yang tercipta antara perkataan dan perbuatan yang diimplementasikan di lapangan. Sejalan dengan misi yang telah dijelaskan, transparansi menjadi hal yang sangat penting demi terlaksananya nilai integritas.

Sinergis

Gerakan kemahasiswaan tidak akan bisa efektif tanpa adanya sinergi dari tiap elemen yang ada di mahasiswa. MWA UI UM akan bergerak menginisiasi kolaborasi yang akan mendukung gerakan bersama tersebut. Tentu dengan mengesampingkan ego, MWA UI UM menghormati perbedaan yang tercipta pada tiap elemen, namun tetap menekankan interseksi.

Kebermanfaatan

Kebermanfaatan menjadi pemicu sekaligus tujuan dari tiap gerakan yang diinisiasi oleh MWA UI UM. Bercita-cita untuk bermanfaat bagi seluruh mahasiswa memang dirasa utopis, namun memberikan kontribusi positif bagi universitas adalah sebuah keniscayaan. Nilai kebermanfaatan akan menjadi nafas utama dari setiap gerak MWA UI UM dalam advokasi kepentingan mahasiswa.

0